Jumat, 19 November 2010

Standarisasi Anjing Kintamani (PERKIN)


Standard Anjing Kintamani, yang disahkan oleh Perkin bersamaan saat ditetapkannya Anjing Kintamani Bali sebagai anjing ras pertama Indonesia pada tanggal 18 Februari 2006 di Rakernas Perkin.
























Standard Anjing Kintamani Bali
No. Kep. 06/RAKERNAS/II/2006





KLASIFIKASI FCI :
Group 5, Spitz and Primitive Types
Group 5, Asian Spitz and Related Breeds

ASAL USUL / ORIGIN :Kintamani Bali, Indonesia

KEGUNAAN dan MANFAAT :Anjing Pekerja

PENAMPILAN UMUM :

Anjing Kintamani Bali berpenampilan indah dengan ukuran sedang, jenis anjing penjaga. Bulunya panjang berwarna keputihan, tampak indah dan tebal, memiliki bulu badong atau bulu suri yang panjang di bagian leher dan ekor, berbulu terurai seperti ekor tupai.

KARAKTER / TEMPERAMEN :
Termasuk anjing yang pemberani dan tangkas, pandai dan mudah dilatih. Memiliki sifat waspada dan mudah curiga yang tinggi. Hidup dekat dan setia dengan pemiliknya.

KEPALA :
Masuk dalam kategori kepala yang bersih (head clean), kepala bagian atas lebar, dahi dan pipi datar dengan rahang besar dan kuat, serta sesuai dengan ukuran kepala.

BAGIAN TENGKORAK :
Dilihat dari atas hampir sedikit segitiga dengan panjang moncong setengah dari panjang kepala, sedikit sekali adanya lekukan di tengah.

HIDUNG :
Hidung berwarna hitam dan coklat tua. Warna hidung dapat berubah pucat atau sesuai dengan pertumbuhan usia.

RAHANG :
Gigi gunting dengan jumlah gigi di rahang atas 20, sedang di rahang bawah 22.

BIBIR :
Bibir berwarna coklat kehitaman, lidah berbintik biru atau kebiruan sepenuhnya.

MATA :
Mata berukuran sedang berbentuk lonjong seperti almond. Dengan bulu mata berwarna putih, bola mata berwarna coklat hitam.

TELINGA :
Telinga kuat dan tebal, berdiri tegak dengan daun telinga menghadap agak kedepan berbentuk huruf V terbalik dengan ujung agak membulat.

LEHER :
Leher kuat dengan panjang sedang, sistem perototan yang kuat, terlihat indah dan anggun serta bulunya bersusun dua dan tebal.

BADAN :
Perbandingan tinggi dan panjang badan adalah 9 : 10.
Punggung : Lurus dan kuat.
Dada : Lebar dengan tulang dada mencapai siku kaki depan.
Rusuk : Berbentuk oval.

EKOR :
Ekor berdiri berbulu lebat, melingkar ke dapan dengan bagian tengah ke ujung melingkar sedikit keluar seperti ekor tupai.

KAKI :
Kaki depannya lurus dan sejajar, jari-jarinya kuat dan mencengkram seperti kucing. Kaki belakangnya bila dilihat dari belakng berdiri sejajar, bila dilihat dari samping agak lurus dengan sedikit angulasi.

LANGKAH dan PERGERAKAN :
Langkahnya ringan dan bebas.

KULIT :
Berpigmen, coklat kehitaman pada bagian hidung, kelopak mata, scrotum, anus, pelatum, bibir serta telapak kaki.

BULU :
Berbulu panjang dan lebat, berwarna keputihan dengan ujung bulu berwarna putih kemerahan. Bulu telinga dan ujung ekor serta bulu belakang paha berwarna merah orange. Bulu rambut panjang di bagian pundak seperti kipas disebut Badong.

TINGGI BADAN :
Anjing jantan 45 – 55 cm.
Anjing betina 40 – 50 cm.

KESALAHAN FATAL :
Warna bulu selain keputihan dan apabila merah orange tidak terdapat pada telinga.
Ukuran badan kurang dari 40 cm atau melebihi 57 cm.






26 komentar:

  1. Apakah AKIBA harus berwarna putih? saya punya yg warna coklat, apakah ini tidak dianggap sebagai AKIBA?

    BalasHapus
  2. AKIBA ada berbagai warna, tetapi untuk saat ini hanya yg berwarna putih spesifik yg diakui PERKIN.

    harapan kedepan,semoga warna lain akan segera menyusul.....

    BalasHapus
  3. Alasan PERKIN hanya mengakui yg putih apa? yg saya ketahui anjing kintamani, dr dl memang beragam warnanya, tidak hanya putih. lalu yg warna lain tidak diakui sebagai anjing kintamani?
    alasannya apa?

    BalasHapus
  4. alsannya supaya eksklusif, langka..otomatis harganya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak juga alasannya seperti itu.. hanya saja ketika ingin mengajukan AKB ke FCI di butuhkan beberapa syarat.. utk saat ini yang relevan dalam pemenuhan syarat itu adalah AKB putih.. jadi jika AKB putih sdh di akui dunia, warna lain akan menyusul kemudian.
      perlu di garis bawahi, warna lain di AKB pun harus memenuhi standarisasi AKB yg di keluarkan perkin dalam hal anatomi tubuhnya, jika beda anatominya, maka bukan AKB, walau berwarna hitam, coklat, atau anggrek.
      salam

      Hapus
  5. saya memiliki 2 pertanyaan
    bedanya akiba dengan korean jindo apa ya? saya melihat kemiripan selain ukuran tubuh jindo lebih besar.
    apakah New Guinea Singing Dog juga termasuk ras Indonesia dan diakui perkin? *maaf jika pertanyaan ini tidak berkaitan dgn akiba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedanya AKB berasal dari indonesia dan Jindo dari korea.. memang sangat mirip, tetapi jindo tidak berbulu panjang, sedangkan kintamani memiliki bulu yang medium (agak panjang).. mungkin karena berada di wilayah asia, sehingga karakterristik dan postur hampir sama..
      saat ini yang baru di akui perkin baru anjing kintamani bali, jadi selain itu belum ada ras anjing asli indonesia yang di akui lagi..
      salam

      Hapus
  6. dimana saya bisa beli bibit anjing kintamani asli..dan harganya kira2 berapa? saya tertarik untuk mengembangbiakkannya.....thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bibit AKB bisa di cari di breeder-breeder AKB yang tersebar di jawa dan bali.. atau jika sempat, silahkan membeli di desa sukawana banjar paketan bali.. utk masalah keaslian atau kemurnian, lebih terjaga di breeder. terlebih dahulu, pelajari standarisasi AKB versi perkin.
      salam

      Hapus
    2. bisa di rekomendasikan ke saya breeder di bali?

      trmksh

      Hapus
    3. kalau boleh, minta informasi untuk breeder di bali. thanks

      Hapus
  7. saya coba cari kennel kintamani di bandung. saya contact ke kontak nya Beatrice gabisa dihubungi. saya perlu karena ingin mengetahui apakah kintamani saya masuk ke standarisasi PERKIN. masalahnya fisik si anjing persis kintamani. hanya bola mata dan pupil berwarna biru. karena hasil silang dengan siberian husky. dan hidung red nose. mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
  8. yup..itu jg menjadi pertanyaan saya,untuk AKB yg memiliki red nose apa juga masih ditolerir??mohon penjelasan.
    trimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  9. Maaf gan..ane numpang nanya...ada yg punya pejantan buat anjing kintamani gag? anjing kintamani ane uda lup nii...mohon bantuan gan..thx

    BalasHapus
  10. Minta info alamat Perkin denpasar dong. Ada yg tau ga?. Aq punya AKB putih umur 3 bln. Pengennya aq bawa kesana. Thanks before. Ato ada direct email ga yah utk AKIBA??

    BalasHapus
  11. Hero, Kintamani non ktp (susah urusnya, syaratnhya aneh), jantan.. Hero dah 1.5 thn. Sy mau carikan teman betinanya, kintamani juga. Hero tinggal di kawasan Mampang. Jaksel. Nongkrongnya di Sevel Trans TV...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada kintamani betina nih bro tapi lokasi di bekasi. Ini nomer hp saya 08988103301

      Hapus
  12. Saya tolong tanya,apa ada perkumpulan pencinta anjing kintamani yg ada di kota Surabaya...?
    Kalo ada alamatnya ada dimana...?
    Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.

    BalasHapus
  13. Thanks atas infonya, saya jadi lebih tahu tentang anjing kintamani, mau nanya apa sudah ada dog show khusus anjing kintamani?

    BalasHapus
  14. Anjing kintamani saya memiliki lidah yg berwarna hitam.... apakah itu ras murni atau sudah campuran atau kelainan genetika

    BalasHapus
  15. Anjing kintamani saya memiliki lidah yg berwarna hitam.... apakah itu ras murni atau sudah campuran atau kelainan genetika

    BalasHapus
  16. Saya punya anjing kintamani usia 3 tahun warna putih keemasan lokasi Cilebut Bogor.Klo ada anjing Kintamani jantan siap di pancak boleh hub saya di nomor 085710369370 (WA).Trims.

    BalasHapus
  17. I’m Brazilian and I simply felt in love with kintamani dog. I read that dog importation/exportation outside Bali is forbidden since an ongoing rabies outbreak started in late 2008. And I was wondering...how can kintamani dog gain international fame with the ‘canine embargo’ in the island from where they’re originated from?!

    BalasHapus
  18. Saya mau tanya untuk akb yg selain warna putih kapan target dr perkin sampai bisa diakui dunia dan bisa distmb kan?

    BalasHapus